Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi, contoh teks eksplanasi budaya, contoh teks eksplanasi banjir, contoh teks eksplanasi bencana alam, contoh teks eksplanasi sosial, contoh teks eksplanasi tsunami, contoh teks eksplanasi panjang, contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, contoh teks eksplanasi gempa bumi
Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi – Teks eksplanasi, kini dipelajari oleh siswa baik di SMP maupun SMA. Teks jenis eksplanasi memang agak lebih rumit dibanding dengan teks lain, karena memerlukan kemampuan khusus dan harus menguasai materi yang ditulis.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi, sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain lagi sesudahnya. Struktur teksnya adalah pernyataan umum, urutan alasan logis.

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Ahli

Eksplanasi berasal dari bahasa asing (Inggris) yang berarti tindakan menerangkan atau menjelaskan dan keterangan, pernyataan atau fakta yang menjelaskan (The Contemporary English-Indonesian Dictionary: 651). Pengertian Teks Eksplanasi (Explanation Text) adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.

Kemudian menurut Mahsun, terdapat beberapa bagian dalam teks eksplanasi yaitu, pernyataan umum, penjelas, dan interpretasi. Berdasarkan pendapat tersebut, dapat dikembangkan teks eksplanasi dengan struktur yang jelas.
Dalam perkembangannya, teks eksplanasi juga dapat disusun berdasarkan fenomena sosial, budaya, dan fenomena lainnya.

Luasnya tema teks eksplanasi ini kemudian menimbulkan kesalahpahaman pada pelajar dan membuat mereka kesulitan untuk membedakan suatu teks termasuk dalam teks eksplanasi atau tidak. Berikut merupakan rincian ciri-ciri yang dapat membedakan teks eksplanasi dan jenis teks lainnya. Dengan mengenal ciri-cirinya, maka penulis akan lebih mudah dalam menyusun teks eksplanasi untuk menjelaskan fenomena yang akan diangkat.

Untuk lebih memahami tentang  teks eksplanasi, kami sudah menyiapkan file dengan format .docx yang bisa anda download melalui link dibawah ini.

Download Contoh Teks Eksplanasi

Demikianlah artikel tentang Contoh Teks Eksplanasi kali ini, semoga bisa menambah wawasan anda.
Kata Kunci Terkait:
contoh teks eksplanasi budaya, contoh teks eksplanasi banjir, contoh teks eksplanasi bencana alam, contoh teks eksplanasi sosial, contoh teks eksplanasi tsunami, contoh teks eksplanasi panjang, contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, contoh teks eksplanasi gempa bumi

Rate this article

Getting Info...

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan, komentar yang tidak relevan, mengandung pornografi, atau SARA akan kami HAPUS.

Copyright ©Pusat Informasi Pendidikan - All rights reserved.

Redesign by protemplates
Persetujuan
Kami menggunakan cookie untuk mengoptimalkan pengalaman menjelajah Anda...
Selengkapnya